Welcome to my Blog. Please enjoy to explore my web......

WE SEE YAA WHEN WE SEE YAA !!!

Senin, 22 Maret 2010

MUNCULNYA URAT-URAT HALUS BERWARNA MERAH DISEBABKAN " BROKEN CAPILLARIES "


BROKEN CAPILLARIES atau Pecah Pembuluh Kapiler adalah kondisi umum yang mempengaruhi 1 dari 20 orang dan ditandai dengan adanya urat-urat halus kemerahan di wajah. Sangat mudah untuk muncul spot kapiler yang rusak ( Broken Capillaries ) ini, terutama pada wajah seseorang. Hal ini juga dialami oleh saya sendiri. Puluhan twist pembuluh darah kecil, membesar dan pecah, menciptakan merah, memar seperti bintik-bintik pada wajah. Tapi tidak seperti halnya memar, Broken capillaries atau orang suka menyebutnya Spider Veins ( karena bentuknya yg seperti jaring laba-laba ) tidak menyembuhkan dan menghilang dari waktu ke waktu. Mereka juga sulit diobati. Jadi alangkah lebih baiknya untuk menghindari munculnya broken capillaries ini, dan cepat merubah kebiasaan yg dapat mengundang pecah kapiler ini jadi lebih meluas. Tapi bagaimana Anda bisa melakukan itu?



Ternyata ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan broken capillaries, istilah medisnya Telangiectasia Rosacea. Vena kecil tepat di bawah permukaan kulit yang halus. Merusak pembuluh darah ini dapat menyebabkan mereka untuk membesar dan istirahat. Sekali rusak, pembuluh darah tetap seperti itu dan tidak akan menyempit kembali ke ketebalan normal atau memperbaiki diri.

Sangat tidak sulit untuk merusak pembuluh darah ini, karena mereka hanya di bawah permukaan kulit. Scrubbing wajah Anda terlalu keras atau mencuci dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkannya. Begitu juga paparan berlebihan terhadap sinar matahari. Luka wajah dapat juga menyebabkan broken capillaries.


Tidak semua penyebab broken capillaries dapat dicegah. Mereka kadang-kadang bisa menemani rosacea umum, kondisi kulit yang menyebabkan wajah menjadi merah dan merah. Sementara wabah rosacea sering memiliki pemicu, pemicu ini bisa sulit untuk mengidentifikasi dan unik untuk setiap orang yang memiliki kondisi.


Broken capillaries kadang-kadang menjadi lebih menonjol begitu bertambahnya usia Anda, karena kulit Anda akan lebih tipis dan menjadi lebih mudah untuk melihat pembuluh darah. Kondisi ini juga turun-temurun. Jika Anda mempunyai masalah dengan orang tua yg mempunyai telangiectasia rosacea, Anda mungkin mengalami sendiri.


Penyebab yg lain adalah Alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan untuk waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan pembuluh darah di wajah Anda melebar [sumber: Jones]. Kapiler yang rusak juga dapat menunjukkan kerusakan hati. Biasanya ini hanya terjadi setelah bertahun-tahun dari penyalahgunaan alkohol.


Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegah atau mengurangi timbulnya pecah kapiler.

- Ketika Anda mencuci muka lakukanlah gerakan dengan lembut, jangan mengosoknya terlalu keras dan gunakanlah air hangat, jangan menggunakan air yg terlalu panas atau dingin.

- Oleskan selalu tabir surya pada wajah Anda, terutama di sekitar hidung dan mulut ketika anda akan melakukan aktifitas di luar ruangan atau di dalam rumah sekalipun minimal yg mengandung SPF 15. 

Penggunaan tabir surya atau sunscreen non-iritasi sangat penting. Penggunaan tabir surya dengan titanium dioxide atau zinc oxide cenderung lebih sedikit mengiritasi kulit dibandingkan dgn penggunaan chemical sunscreens. Titanium dioxide dan zinc oxide tidak masuk kedalam kulit dan tidak diserap oleh tubuh, sebagai lawan dari chemical sunscreen yang diserap oleh tubuh dan kulit, dan meningkatkan potensi iritasi kulit dan eksaserbasi rosacea.

- Menghindari penggunaan perawatan kulit/skincare tertentu mungkin sangat efektif dan dianjurkan, terutama yang mengandung alkohol (misalnya dalam toner), beberapa sumber juga menambahkan bahwa penggunaan topikal steroid (dapat membantu pada awalnya, tetapi dalam jangka panjang akan memperparah rosacea), dan apa pun perawatan kulit yang menimbulkan iritasi kulit seperti Retin-A / Stieva-A (tretinoin).

- Pemakaian Skin care/perawatan kulit dengan bahan anti-inflamasi dapat membantu dalam pengobatan pecah kapiler ataupun rosacea. Ini termasuk; lidah buaya, Arnica, calendula, chamomile, ketimun, provitamin B5, Tanacetum parthenium, teh hijau, licochalone, perilla ekstrak daun, ganggang merah, semanggi merah, thyme, willow rempah, dan seng. Jangan penyalahgunaan alkohol. Sementara langkah-langkah ini tidak akan mencegah pecah kapiler dalam setiap kasus, mereka dapat membantu memperkecil kemungkinan bahwa Anda akan mengembangkan mereka.

Anti-inflammatory agents yg lain yg lebih kuat (ini biasanya membutuhkan resep dari dokter) adalah metronidazol gel (Rozex) dan clyndamicin gel. Keduanya adalah antibiotik, tetapi digunakan dalam kasus ini untuk antiperadangan. Tp ada yg berpendapat metronidazol dan clyndamycin gel tidak sangat efektif dalam pengobatan rosacea.
Azelaic dan salicylic acid juga termasuk agen topikal yang memiliki anti inflamasi dan anti bakteri dan telah terbukti memperbaiki rosacea. Biasanya disarankan untuk memperkenalkan produk ini secara bertahap ke kulit, menggunakan setiap 2 ke-3 malam di awal untuk memulai dan secara bertahap meningkatkan ke malam dengan pengawasan dari dokter tentunya.

Jika Anda mengalami telangiectasia rosacea, Anda dapat mencari pengobatan dari dokter kulit. Pengobatan untuk rosacea telangiectasia berkisar dari terapi laser untuk operasi kosmetik untuk menghilangkan sel-sel yang mengelilingi pembuluh darah melebar [sumber: The Sunday Mail]. Jika masalah terlokalisir dan tidak parah, Anda dapat memilih untuk menggunakan concealer berwarna hijau untuk menyembunyikannya. Mungkin menghemat uang dan frustrasi.

Sumber : dari berbagai sumber


21 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. hi miss....great articles, i also had this since in junior high. yes, it's very annoying. thanks for the tips

    BalasHapus
  3. Good article! Akhirnya terjawab apa yg saya alami. Di wajah saya (pipi kiri) bermunculan urat2 wajah yang sangat mengganggu penampilan. Itu terjadi setelah 1,5 bulan saya menggunakan Retin-A sebagai krim malam! Sekarang saya harus mencari cara untuk mengurangi penampakan urat-urat wajah tersebut... and say GOOD BYE to Retin-A!

    BalasHapus
  4. hi..
    thanks for your comment! btw samaan dong qt... ini jg aku alamin stlh selama hampir 2 tahun on and off pake retin-a, yg sebelumnya aku ga notice klo lama kelamaan wajahku kok jd ada tampak merah2nya... tp itu ga sepenuhnya salah retin-a jg siy, coz sblmnya aku sk memperlakukan wajahku ini ga se-delicate it should be..pemakaian scrub yg trll harsh pun bs jadi pemicu timbulnya broken capillaries...
    and YES!! i've been searching the right skincare regime for my skin problem...
    moga aja kamu bs menemukan cara mengatasi problem km jg.....SMANGATTT!! ^^

    BalasHapus
  5. thanks for good article.. my face also get sick like this

    BalasHapus
  6. me too.... dokter mana yg di jakarta yg bisa nyembuhin ya? muka ku mulus ,tp uratnya ini bikin jd kayak ga mulus bgt hixxx

    BalasHapus
  7. hi..hi...it's been long time since my last updated :)
    fyi...aku ada sdkt kabar gembira nih, sejak aku rajin pake Vit. k cream dari Make up artist choice alias MUAC dah lumayan nih penampakan broken capilaries aku agak samar, dan sebagai eyecream jg lumayan nampol bwt reducing dark eyes circle. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. belinya dimana ya? bisa minta kontak penjualnya? makasi

      Hapus
    2. Iya.. saya juga mau beli. Soalnya urat kaya' gini ganggu banget

      Hapus
    3. iya, aku jg minta kontaknya, please.... ini urat ganggu banget :(
      trims sblumnya.

      Hapus
  8. minta kontaknya penjualannya dong sist, saya juga pengin nyamarin nih urat, makasih :)

    BalasHapus
  9. Umur saya 14 tahun , di pinggiran hidung dan bawah hidung saya ada urat2 merah yg menonjol . dan di bawah mata saya ada bintik2 kasar. Gimana cara menghilangkan nya? Tolong dibalas.

    BalasHapus
  10. pipi kanan dan kiri saya kaya gitu. bahkan dari saya masih kecil, sampe sekarang juga. aduh ��

    BalasHapus
  11. kirain urat di pipi itu bikin kita cantik ternyata penyakit ya? udah bangga bikin mitos urat di pipi itu berarti cewe cantik ahaha

    BalasHapus
  12. kirain urat di pipi itu bikin kita cantik ternyata penyakit ya? udah bangga bikin mitos urat di pipi itu berarti cewe cantik ahaha

    BalasHapus
  13. kulit aku jg bermasalh timbul urat2 di pipi kanan dan kiri keliatan merah2 dan mengganggu banget. Gara2 aku pake cream produk dr slh satu skin care. Apakah urat2 ini bisa berbahaya bagi jangka panjang apabila dibiarkan saja? pls tlg bantu jawab ya trmksh:)

    BalasHapus
  14. kulit aku jg bermasalh timbul urat2 di pipi kanan dan kiri keliatan merah2 dan mengganggu banget. Gara2 aku pake cream produk dr slh satu skin care. Apakah urat2 ini bisa berbahaya bagi jangka panjang apabila dibiarkan saja? pls tlg bantu jawab ya trmksh:)

    BalasHapus
  15. Cara menghilangkannya gimana ya

    BalasHapus
  16. Dok.. wjah saya tba2 sja teelihat urat2 berwarna hijau diarea bwah mata.. 1 garis urat sngat terlihat dan bbrapa yg laennya terlihat smar namun akan sngat terlihat klau saya menggerak2an wjah.. sya sdang memggunakan cream merk tertentu yg ad BPOMnya.. cantikskincare,, dan sempat mengelupas 1 blan lebih.. ap ini dsebabkan pemakaian cream it?? Dan bisakah dhilangkan dok?? Thx

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Kak Moniccha , pipiku ada kyk gt.. Tp lbh ke benjolan kecil.. Di pipi kiri ada 3.. Kanan ada 2 ..hidung sih kecil bngt.. Sama dkt alis.. Kecil.. , klo di deket ac atau tmpt dingin.. Pipiku kelihatan mulus.. Kalo panas.. Pipiku bakal merah.. Gara2 dulu suka pake ed batu di muka.. Aku gangerti cara nyembuhinnya.. Aku sih pake salep.. Terus rajin cuci muka.. Tp aku ga pake air hangat.. Pake air biasa.. Kalo cuacanya lg dingin.. Ya air keranku jg dingin.. Dan aku tetep pake itu buat cuci muka.. Aku gangerti gimana sih cara menghilanginya.. Aku jg g gt paham sih.. Ini pembuluh darahnya pecah.. Atau bukan.. Wkt itu sempet sembuh.. Tp ga lama ada benjolan lg.. Ga menonjol.. Tp merah gt bentuk bulat.. Kyk benjolan.. Kak.. Tolong beri saya solusinya dong.. Gimana menghilangkan ini.. Atau solusinya.. Yg aperlu dr dokter.. Yg bisa dibeli dimana aja.. Kayak salep.., dll.. Jngn perawatan wajah, soalnya aku liat google kebanyakan nyuruh perawatan kulit.. Aku maunya yg gamesti ke dokter ampe facial segala:)
    -thx

    BalasHapus